Imlementasi Kurikulum Merdeka
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA
Kurikulum Merdeka Belajar merupakan pengembangan dan penerapan dari kurikulum darurat yang diluncurkan untuk merespon dampak dari pandemi Covid-19. Pengertian Merdeka Belajar adalah suatu pendekatan yang dilakukan supaya siswa dan mahasiswa bisa memilih pelajaran yang diminati
Merdeka belajar merupakan gagasan yang dicanangkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan, untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul dengan mengutamakan pendidikan karakter. Tujuannya yaitu menciptakan peserta didik yang kritis, kreatif, kolaboratif dan terampil.
Kurikulum Merdeka juga memiliki karakteristik yang esensial yang fokus pada sistem pembelajaran melalui kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi. Dalam proses pembelajaran Guru juga bisa memiliki fleksibilitas dan bisa menyesuaikan kemampuan siswa dengan konteks muatan lokal.
Bentuk struktur kurikulum Merdeka terdiri dari kegiatan intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, dan ekstrakurikuler. Alokasi jam pelajaran pada struktur kurikulum dituliskan secara total dalam satu tahun dan dilengkapi dengan saran alokasi jam pelajaran jika disampaikan secara reguler/mingguan.
Banyak pihak yang terlibat dalam pengembangan kurikulum. Di antaranya ialah kepala sekolah, guru, komite sekolah dan siswa. Sebagai manajer, kepala sekolah bertanggung jawab atas manajemen sekolah.
Tahap-tahap Implementasi Kurikulum. Implementasi kurikulum mencakup tiga kegiatan pokok, yaitu pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi.
Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum
- Analisis dan Diagnosis Kebutuhan. Langkah pertama dalam pengembangan kurikulum adalah menganalisis dan mendiagnosis kebutuhan. ...
- Perumusan Tujuan. ...
- Pengorganisasian Materi. ...
- Pengorganisasian Pengalaman Belajar. ...
- Penggunaan Alat Evaluasi.
Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sekolah Menerapkan Kurikulum Merdeka
- Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. ...
- Perencanaan Program Sekolah yang Kolaboratif. ...
- Memulai Berbagi Praktik Baik. ...
- Membiasakan Refleksi. ...
- Peningkatan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah.
Adapun tahapan manajemen kurikulum di madrasah/ sekolah meliputi: Tahap perencanaan, meliputi langkah-langkah sebagai berikut: (1) analisis kebutuhan; (2) merumuskan dan menjawab pertanyaan filosofis; (3) menentukan desain kurikulum; (4) membuat rencana induk (master plan): pengembangan, pelaksanaan, dan penilaian.
Prosedur Perencanaan Kurikulum
- Menentukan Landasan Kurikulum. ...
- Menentukan tujuan Kurikulum. ...
- Menentukan isi kurikulum. ...
- Menentukan metode/strategi pembelajaran. ...
- Menentukan sumber belajar. ...
- Menentukan Strategi Penilaian/evaluasi kurikulum.

Komentar
Posting Komentar